cara budidaya ikan gurame di kolam tanah

Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah Agar Cepat Besar

Budidaya ikan gurame di kolam tanah cukup populer karena biaya pembuatannya yang lebih murah dan mudah. Bahkan ada banyak keunggulan jenis kolam ini ketimbang jenis lainnya. Dengan teknik berternak yang bak akan membuat ikan cepat besar dan panen sehingga memberikan banyak keuntungan.

Ikan gurame banyak sekali peminatnya karena memiliki rasanya yang enak serta kandungan gizinya yang sangat luar biasa. Inilah kenapa saat ini permintaan terhadap jenis ikan air tawar ini semakin meningkat. Tak sedikit rumah makan, restoran, dn warung kku lima yang laris masakan ikan konsumsinya.

Tahapan Penting Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah

Dengan besarnya permintaan pasar tentunya merupakan peluang usaha yang potensial untuk mencari keuntungan dengan mencoba berternak gurame. Apalagi cara budidaya ikan gurame di kolam tanah termasuk mudah sekali. Berikut ini tahapan-tahapannya yang penting untuk para pemula.

Seleksi Indukan

Hal terpenting dan termasuk tahapan awal dalam budidaya ikan yaitu memilih bibit ikan gurame yang berkualitas. Selain itu, bisa juga memilih indukan yang sudah berusia 3 sampai 7 tahun untuk Anda pijahkan sendiri.

cara budidaya ikan gurame di kolam tanah

Untuk induk gurame yang siap pijah memiliki ciri-ciri perut membesar ke arah belakang dan saat kita raba perut terasa lebih lembek.

Persiapan Kolam Pemijahan

Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan kolam untuk proses pemijahan ikan gurame. Pada proses ini Anda bisa membuat kolam dadakan yang terbuat dari terpal dan diisi dengan air yang bersih serta dipasang sarang.

Baca juga Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal dan Pembuatannya

Proses Pemijahan Ikan Gurame

Saat proses pemijahan, pastikan memasukkan 1 ekor induk ikan jantan dan 3 ekor induk betina. Pada saat pemijahan ini akan terjadi pembuahan antara ikan jantan dan betina pada sarang. Setelah proses pemijahan selesai, ikan betina akan menutup sarang yang telah dibuat dengan rerumputan kering.

Penanganan Telur Gurame

Ketika telur ikan gurame sudah berbau amis, itu tandanya sudah siap untuk ditetaskan. Langkah selanjutnya cara budidaya ikan gurame di kolam tanah yaitu meletakkan sarang pada sebuah ember yang sudah berisi air dan gunakan scoop net untuk membersihkan telur. Cuci telur hingga bersih dan masukkan ke dalam ember penetasan. Pastikan ember ini sudah kita pasang dengan hitter dan seresi.

cara budidaya ikan gurame agar cepat besar

Penetasan

Pada hari setelah pemisahan, telur akan menetas dan biarkan selama 10 hari. Setelahnya baru pindahkan ke dalam ember pendederan yang pertama. Buatlah ember pendederan dengan ukuran 2,5 m x 4,5 m. Untuk pakan anakan ikan gurame adalah Daphnia.

Masukkan ke Kolam dan Pemeliharaan Ikan Gurame

Setelah benih ikan gurame berada dalam ember pendederan selama 14 hari, baru pindahkan ke dalam kolam utama. Sangat penting proses pemindahan anakan gurami ini pada pagi hari sekitar pukul 07.00 – 09.00 agar ikan tidak mengalami stres.

Pada kolam ini akan terjadi proses pembesaran dan pemanenan ikan yang siap panen. Umumnya ukuran kolam pembesaran mencapai 200 m2. Cara ternak ikan gurame ini harus Anda lakukan dengan baik dan benar agar cepat besar dan panen.

Cara Persiapan Kolam Budidaya Ikan Gurame

Dari sekian banyak faktor keberhasilan berternak ikan gurame, kolam menjadi salah satu faktor yang tak kalah penting. Maka dari itu, jika Anda berkeinginan untuk menjalankan usaha ternak ikan air tawar ini, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu melakukan persiapan kolam budidaya ikan gurame dengan baik.

Baca juga Budidaya Ikan Nila dalam Drum Plastik, Usaha Ternak Rumahan Modal Kecil

Ada banyak jenis kolam yang bisa Anda pilih untuk usaha ternak ikan gurami. Seperti kolam terpal, kolam tanah dan kolam semen. Berikut ini cara membuat kolam budidaya ikan yang benar dan mudah.

Menganalisa Jenis Tanah

Hal pertama yang harus Anda lakukan pada cara budidaya ikan gurame di kolam tanah yaitu menganalisa jenis tanah yang akan Anda buat. Pasalnya ada 2 jenis tanah untuk untuk kolam pemeliharaan ikan yaitu tanah gembur dan tanah liat berpasir.

persiapan kolam budidaya ikan gurame

Menganalisa jenis tanah sangatlah mudah. Caranya dengan menggenggam tanah tersebut. Jika pada tanah muncul pasir, itu tandanya jenis tanah berpasir. Namun jenis tanah yang sangat cocok untuk kolam budidaya ikan adalah tanah berpasir..

Penggalian Tanah

Perhatikan kontur lahan karena hal ini sangat berpengaruh pada metode penggaliannya. Namun lahan yang miring justru akan memudahkan dalam pengaturan aliran air. Inilah kenapa saat membuat kolam pasti akan digali secara miring.

Tata Letak Kolam Ikan

Nah cara persiapan kolam budidaya ikan gurame yang selanjutnya yaitu tata letak kolam tersebut. Cara ini berlaku jika Anda ingin membuat kolam budidaya lebih dari satu. Berbeda lagi jika membuat kolam yang banyak, tentunya hanya akan fokus pada letak parit.

Membuat Tanggul Kolam

Kolam budidaya gurame yang baik pasti airnya tidak akan merembes. Jika tanah gembur yang dijadikan sebagai kolam, tentunya harus membuat tanggul dari semen. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi erosi atau bocor. Beda lagi jika tanah berpasir yang digunakan, Anda hanya perlu membuat tanggul yang terbuat dari tanah.

Membuat Saluran Air

Cara membuat kolam ternak gurame yang terakhir yaitu membuat saluran. Tujuan pembuatan saluran ini agar kualitas air pada kolam tetap terjaga. Sebaliknya, tanpa saluran air dapat memperburuk kualitas air dan bisa menyebabkan ikan mati.

Itulah informasi tentang tahapan penting cara budidaya ikan gurame di kolam tanah agar cepat besar dan menguntungkan. Selain memilih atau menggunakan benih ikan unggul dari indukan yang berkualitas, Anda juga harus memperhatikan cara persiapan kolam budidaya ikan gurame dengan baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Keranjang Belanja
%d blogger menyukai ini: