cara budidaya ikan hias

Cara Budidaya Ikan Hias yang Mudah dan Hemat Budget

Budidaya ikan hias adalah salah satu jenis hobi yang menyenangkan sekaligus menguntungkan. Tak hanya untuk menyalurkan hobi, kegemaran ini juga bisa menjadi sumber penghasilan yang akan memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

Seperti yang kita ketahui bersama, ikan hias air tawar memiliki bentuk beragam serta warna yang cantik. Tak ayal, ikan hias kerap menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk memelihara sebagai hiasan dalam rumah atau kantor.

Tak bisa kita pungkiri bahwa trend memelihara ikan hias air tawar saat ini semakin banyak orang yang menyukai. Mungkin Anda termasuk salah satunya. Selain mudah dalam perawatannya, ikan cantik ini juga bisa banget kita jadikan sebagai hiasan untuk mempercantik penampilan hunian rumah.

Anda hanya perlu meletakkan ikan hias tersebut dalam akuarium dengan ukuran yang dapat kita sesuaikan dengan ruangan yang ada.

Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Untuk memelihara ikan hias sebagai ladang bisnis juga tidak sulit. Apalagi ad banyak jenis ikan hias yang murah dan mudah kita pelihara. Namun sebelum membahas cara budidaya ikan hias yang mudah dan hemat budget, mari kita lihat apa saja jenis ikan hias yang mudah kita budidayakan.

Baca juga Cara Budidaya Ikan Nila dalam Drum Plastik

Ikan Neon Tetra

Jenis ikan ini merupakan ikan hias air tawar yang cantik dan sangat popular. Bentuknya sangat indah dan keunikan karena memiliki pijar layaknya neon saat ada sinar lampu.

jenis ikan hias

Memiliki ukuran sekitar 4 cm, ikan neon tetra sangat mudah dipelihara. Termasuk jika Anda berminat menjadikannya sebagai lahan bisnis.

Ikan Ranchu

Untuk ikan ini populer sebagai rajanya ikan mas koki hias tercantik, ikan ranchu juga bisa banget menghiasi hunianmu. Berbeda dengan jenis ikan hias di atas, ikan ranchu justru memiliki tampilan eksotis dengan lekuk tubuhnya yang bungkuk dan bikin gemas.

Ikan Oranda

Selanjutnya ada ikan oranda yang masih keluarga dengan ikan mas koki. Ikan air tawar hias tersebut memiliki bentuk kepala super unik, yakni terdapat sanggul pada puncak kepalanya. Tidak hanya itu, ikan oranda juga memiliki gerakan, lekuk dan tubuh bulat yang tampak sangat mempesona.

Ikan Gupi Lokal

Menariknya jenis ikan hias gupi lokal termasuk salah satu jenis ikan hias murah yang tak kalah popular. Gupi juga banyk orang suka karena sistem budidaya ikan hias yang mudah.

cara budidaya ikan hias gupy

Lalu, untuk warnanya sendiri ikan hias tersebut sangat variatif. Apabila Anda tertarik untuk merawat ikan gupi lokal, maka Anda harus memastikan ph air dalam akuarium harus seimbang.

Ikan Botia Badut

Terakhir ada ikan botia badut yang tidak kalah cantik dan mudahnya dalam hal perawatan. Memiliki ukuran yang kecil, ikan botia badut juga memiliki sisik yang sangat tipis. Oleh karenanya, ikan botia badut memiliki sifat yang agresif.

Cara Budidaya Ikan Hias Mudah dan Hemat Budget

Setelah membahas jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, selanjutnya kita bahas tentang cara memeliharanya. Nah, yuk langsung saja simak cara budidaya ikan hias yang mudah dan hemat budget berikut ini.

Lihat juga Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah

Menyiapkan Tempat Budidaya

Cara memelihara ikan hias pertama adalah dengan menyiapkan tempat. Biar lebih hemat budget, akuarium bisa menjadi alternatif saat Anda berencana untuk membudidaya jenis ikan tersebut.

Anda hanya perlu menyesuaikan wadah dengan jenis ikan hias yang akan kita budidaya, termasuk dengan tubuh ikan itu sendiri.

Pemilihan Jenis Ikan Hias

Pada dasarnya ada beragam jenis ikan hias yang mudah dibudidaya. Mulai dari ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Namun, apapun jenis ikan hias yang Anda pilih pastikan Anda sudah memilih ikan hias yang sehat dan berkualitas.

cara budidaya ikan hias

Pemberikan Pakan

Cara budidaya ikan hias lain yang tidak kalah pentingnya n adalah pemberian pakan. Pakan untuk jenis ikan hias terbagi menjadi dua, yakni pakan alami dan buatan.

Penggunaan pakan alami untuk ikan hias ini menggunakan serangga kecil. Contohnya plankton atau jentik nyamuk. Selain itu, Anda juga bisa memberi pakan buatan yang bergizi lengkap sehingga perkembangan ikan bisa optimal.

Perawatan

Pada tahapan ini Anda perlu membersihkan akuarium tempat ikan hias akan kita budidayakan. Tujuannya, untuk menghindarri pencemaran air yang bisa sebabkan ikan mati. Bila perlu Anda juga bisa memberikan obat untuk mencegah jamur tumbuh.

Tahap Reproduksi

Ini adalah tahapan yang tidak kalah pentingnya dalam budidaya ikan, tak terkecuali untuk jenis ikan hias. Untuk tahapan tersebut Anda perlu memindahkan antara ikan hias betina dan jantan dewasa dalam sebuah wadah yang akan kita jadikan sebagai tempat ikan bertelur.

Baca juga Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara budidaya ikan hias yang mudah dan hemat budget yang semoga bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi untuk Anda yang ingin menjalankan usaha ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Keranjang Belanja
%d blogger menyukai ini: