cara budidaya ikan lele di kolam terpal

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal dan Pembuatannya

Cara budidaya ikan lele di kolam terpal saat in sedang populer karena banyak peternak yang melakukannya. Apalagi cara membuat kolam buatan ini cukup mudah dan murah. Sehingga media kolam ini cocok untuk Anda yang memiliki modal kecil dan pas-pasan untuk menjalankan usaha ternak ikan ini.

Ikan lele menjadi ikan favorit banyak menjadi buruan masyarakat. Kegemaran masyarakat terhadap permintaan ikan ini memang cukup tinggi. Bahkan untuk memenuhi permintaan pasar, beberapa pelaku usaha budidaya ikan lele selalu kewalahan untuk menyediakan stoknya.

Memang sih, kalau kita tahu ikan lele tergolong ikan yang mudah perawatannya, apalagi keperluan air tidak perlu kita ganti dan cukup penuh saja. Kalau kita bandingkan jenis ikan lain, budidaya ikan lele terkenal paling mudah.

Cara Budidaya Ikan Lele

Budidaya ikan lele memerlukan perawatan dan tidak bisa sembarangan apalagi asal-asalan. Ada cara khusus yang mesti kita gunakan untuk merawat ikan ini. Nah, untuk mengetahui seperti apa cara budidaya ikan lele di kolam terpal supaya cepat besar, langsung saja ketahui tipsnya berikut ini.

Pemilihan Bibit Ikan Lele

Hal dasar yang perlu kita lakukan untuk memuluskan budidaya ikan lele adalah dengan memperhatikan benihnya. Benih menjadi perhatian dasar untuk menghidari risiko kematian akibat benih yang kita pilih tidak memenuhi standar bibit unggul.

cara budidaya-ikan-lele

Ciri benih yang cocok untuk bibit budidaya ikan lele adalah sehat, agresif, tidak ada kecacatan, ukuran benih sepadan, serta tidak ada parasit. Dengan ciri tersebut, bibit benih bisa kita gunakan dan cocok menjadi benih budidaya.

Perhatikan Kolam Ikan Lele

Seperti apa yang saya sampaikan di atas kalau ikan lele merupakan ikan yang mudah perawatannya. Dan untuk itu, jika anda ingin membudidayakan ikan ini maka kolam yang bisa kita jadikan tempat tinggal mereka bisa dari tanah, terpal, hingga cor semen.

Baca juga Benih Ikan Lele Masamo Harga Grosir Berkualitas

Dan hal yang perlu anda perhatikan cara budidaya ikan lele di kolam terpal selanjutnya adalah mengukur kedalaman kolam. Jangan membuat kolam dangkal sebab bisa membuat ikan kepanasan.

cara budidaya ikan lele di kolam terpal

Dan jangan lupa untuk memastikan pasokan air, sebab air yang susut bisa membuat permukaan menipis. Tambahan lagi kalau tidak perlu membersihkan lumut atau air kolam keruh, cukup pastikan pasokan air tercukupi.

Pakan Ikan Lele

Selain beberapa hal penting di atas, masih ada lagi dan tidak mungkin untuk ditinggalkan. Pakan menjadi hal penting dan harus kita perhatikan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi ikan tersebut.

Sedangkan untuk takarannya sendiri, komposisinya bisa dengan menggunakan pakan sentrat 781-1. Pemberian pakan ini bisa anda lakukan sebanyak 3 kali sehari pada 7 pagi, 5 sore, dan 10 malam. Dengan begitu pada masa panen, ikan lele sudah dalam keadaan besar dan siap edar.

Cara Membuat Kolam Terpal Ternak Lele

Cara budidaya ikan lele bisa menggunakan media kolam apa saja. Baik kolam tanah, kolam tembok, hingga kolam terpal. Apapun jenis kolam yang Anda pilih masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Sesuaikan saja dengan kemampuan atau ketersediaan lahan yang ada.

Meskipun kolam permanen dari semen atau tanah bisa kita gunakan namun menurut para peternak ikan, terpal cocok untuk usaha ternak ini karena hemat dan efektif sebagai kolam buatan. Uniknya lagi, kolam yang kita buat dengan terpal bisa kita sesuaikan bentuknya.

Lihat juga Bibit Lele Phyton Berkualitas dengan Harga Murah

Kemudahan dalam cara budidaya ikan lele di kolam terpal memang menjadi salah satu keunggulannya. Tapi dari balik pembuatan kolam tersebut, ada cara khusus dan tidak bisa sembarangan kita melakukannya. Hal itu supaya pembuatan kolam terpal bisa awet atau tahan lama.

Lantas bagaimana cara membuat kolam terpal untuk ternak lele supaya tidak mudah rusak dan nyaman untuk habitat ikan. Untuk mengetahuinya, langsung saja kita simak berikut ini.

Siapkan Bahan Untuk Membuat Kolam Terpal

Langkah pembuatan kolam terpal yang pertama tentu perlu menyiapkan bahan untuk media pembuatan. Untuk bahan-bahan tersebut tergantung kolam seperti apa yang akan kita buat. Tapi bentuk kolam yang umum kita buat adalah kolam terpal berbentuk kotak.

cara budidaya ikan lele di kolam terpal

Kolam semacam ini banyak menjadi pilihan para pembudidaya ikan sebab mudah untuk membuatnya. Dan untuk bahan-bahan yang kita perlukan, antara lain ada terpal, cangkul, pasak, tali, kapur (sebagai penanda), dan meteran.

Buat Rancangan Kolam

Untuk langkah cara budidaya ikan lele di kolam terpal khususnya pembuatan kolamnya, Anda perlu membuat rancangan lokasi yang ingin kita jadikan kolam. Jika kolam yang Anda buat ada dalam tanah, maka hal pertama yang harus Anda rancang adalah ukurannya. Untuk ukuran tersebut, kolam bisa berdiameter 2 x 3 x 1 m dengan luas terpal 4 x 5 m.

Cara Membuat Kolam Terpal

Jika rancangan sudah kita buat dan tentukan diameternya, kini gali tanah tersebut sesuai dengan ukuran yang kita buat. Gali dengan kedalaman menyesuaikan terpal yang ada. Jangan lupa untuk membuat lubang pembuangan untuk tempat masuk dan keluarnya air.

cara membuat kolam terpal ikan

Jika galian sudah siap, kini masukan terpal sampai menutupi seluruh galian. Kemudian ikat sisi terpal supaya tidak kabur. Setelah itu isi kolam dengan air dan kolam terpal siap kita gunakan.

Baca juga Bibit Ikan Lele Sangkuriang Unggul Harga Grosir

Demikianlah informasi tentang beberapa tahapan cara budidaya ikan lele di kolam terpal yang sebaiknya Anda perhatikan. Terlebih untuk Anda yang masih pemula dan bermodal kecil, usaha ternak lele dengan media kolam terpal cukup murah dan mudah kita lakukan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Keranjang Belanja
%d blogger menyukai ini: