pakan-lele-alternatif

Pakan Lele Alternatif Buatan Sendiri dengan Protein Tinggi

Pakan lele alternatif bisa hasil buatan sendiri dengan kandungan protein tinggi. Masalah pakan menjadi faktor yang sangat penting dan menentukan dalam sukses usaha budidaya ikan lele. Karena itu penting memiliki kemampuan untuk membuat pakan ikan lele sendiri.

Pakan merupakan salah satu hal penting dalam sebuah usaha budidaya ikan dan ternak hewan lainnya. Salah satunya adalah untuk budidaya ikan lele.

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak peminatnya, dan tentu saja menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dikembangbiakan di Indonesia.

Untuk anda yang ingin membudidayakan ikan lele, maka sebaiknya perhatikan pakan ternaknya terlebih dahulu. Biasanya untuk pakan ikan lele ini sendiri banyak peternak yang menggunakan pelet ikan buatan pabrik.

Namun anda yang ingin menggunakan pakan lele alternatif juga bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang ada. Misalnya saja dari limbah peternakan dan jenis bahan lainnya yang ada.

Cara Membuat Sendiri Pakan Lele Alternatif

Membuat pakan ikan buatan sendiri memiliki banyak keunggulan. Selain prosesnya yang mudah, biaya yang kita keluarkan juga lebih murah. Hal ini penting karena kebutuhan pakan biasanya menyedot hingga 60 persen biaya pemeliharaan.

Untuk anda yang ingin mencoba membuat sendiri pakan lele alternatif ini, berikut adalah beberapa rekomendasi dan ulasannya yang bisa anda lakukan.

Limbah Ternak Unggas

Hal pertama yang biasanya menjadi bahan pakan lele buatan sendiri yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan limbah ternak unggas. Limbah ini sendiri bisa anda manfaatkan dari limbah hasil peternakan seperti ayam mati yang bisa diberikan pada lele.

pakan lele alternatif buatan sendiri

Lele merupakan salah satu jenis ikan yang bersifat karnivora. Namun bangkai ayam mesti anda bersihkan terlebih dahulu. Anda bisa mencoba untuk merebusnya dan diamkan hingga dingin. Setelah itu bisa kita berikan ke dalam kolam ikan lele.

Keong Mas

Keong memang merupakan salah satu hama bagi para petani. Namun anda bisa memanfaatkan hama ini untuk pakan lele alternatif anda. Anda bisa mencoba mengumpulkan keong mas yang biasanya banyak terdapat di lingkungan sekitar rumah.

Setelah itu jika anda ingin menggunakan keong mas ini sebaiknya lepaskan cangkangnya dan mencungkilnya menggunakan garpu. Setelah itu daging keong bisa anda cincang kecil-kecil sebelum kita berikan kepada lele.

Belatung

Jenis bahan pakan lele buatan sendiri selanjutnya yang bisa anda berikan sebagai pakan ikan lele protein tinggi adalah dengan menggunakan belatung atau maggot. Belatung ini bisa menjadi salah satu jenis sumber protein yang baik untuk lele. Belatung ini sendiri, bisa dihasilkan dari lalat.

Untuk mengembangbiakan belatung ini sendiri anda bisa mencoba untuk menyediakan beberapa bahan. Seperti ember, daun pisang ampas tahu, dan sisa ikan asin dengan kotoran ayam. Anda bisa menempatkannya pada tempat teduh sebelum diberikan ke lele.

Ikan Runcah

Anda yang lokasinya dekat dengan pelelangan ikan, maka opsi yang satu ini merupakan salah satu jenis yang bisa anda coba pilih untuk pakan lele alternatif anda.

pakan lele buatan sendiri

Anda bisa membeli ikan kecil-kecil atau sisa tangkapan ikan yang tak laku terjual. Ikan runcah ini bisanya mengandung banyak tulang dan duri. Karena itu sebaiknya anda rebus terlebih dahulu sebelum anda berikan ke lele.

Bekicot

Selain keong mas, salah satu jenis moluska lainnya yang tepat untuk pakan lele protein tinggi adalah bekicot. Bekicot juga mudah kita temukan di sekitar rumah. Bahan ini juga baik untuk menekan biaya produksi.

Sebagaimana keong mas, maka bekicot ini sendiri sebaiknya dikeluarkan dari cangkangnya. Setelah itu rebus terlebih dahulu, lalu baru anda berikan ke ikan lele.

Demikian beberapa rekomendasi cara membuat pakan lele alternatif yang bisa anda coba. Dengan membat sendiri pakan ikan ini akan menekan banyak biaya dan semoga menambah referensi pengetahuan anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Keranjang Belanja
%d blogger menyukai ini: