cara-membuat-hidroponik

Tanaman Hidroponik Rumahan dan Cara Membuatnya Untuk Pemula

Cara membuat tanaman hidroponik rumahan untuk pemula sebenarnya tidak sulit. Bahkan teknik bertanam hidroponik bisa menjadi peluang usaha modal kecil namun memberikan keuntungan yang besar. Anda bisa memulainya dari skala rumahan untuk merintisnya.

Sebelum membahas teknik bertanam atau cara membuat hidroponik kita mulai dulu dari pengertian hidroponik itu sendiri. Pengertian hidroponik secara bahasa berasal dari bahasa Yunani yaitu hydro yang berarti air. Sedangkan ponos adalah daya atau usaha.

Dengan demikian, hidroponik adalah suatu teknik cara menanam dengan menggunakan media air yang mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman.

Membangun Usaha Tanaman Hidroponik Rumahan

Hidroponik adalah suatu teknik bercocok tanaman tanpa menggunakan tanah. Yang kita gunakan sebagai media cocok tanam adalah air atau hidro. Cara ini terbilang baru sehingga hanya sebagian kecil saja para petani lokal yang menggunakan teknik baru ini dalam bercocok tanam.

cara bertanam hidroponik

Media tanam bukan tanah tapi air. Namun bukan sembarangan air akan tetapi air yang mengandung berbagai macam nutrisi. Yang menjadi kelebihan sistem tanaman hidroponik rumahan ini tidak membutuhkan lahan yang luas. Kita bisa memanfaatkan ruangan sekitar rumah maupun luar rumah sebagai tempat untuk bertanam.

Cara menanam sayuran menggunakan tanah bukanlah hal aneh. Namun cara bertanam sayuran menggunakan media air termasuk inovasi yang sangat efisien. Apalagi media tanamnya tak lagi menggunakan tanah yang semakin sempit saja.

Kelebihan Cara Bertanam Hidroponik

Teknik bertanam secara hidroponik memang bukan hal biasa. Namun seiring berjalan waktu teknik bercocok tanam ini semakin populer dan banyak orang yang menyukainya.

cara hidroponik sederhana

Berikut ini beberapa kelebihan tanaman hidroponik rumahan yang sebaikjnya anda tahu.

Bisa Dilakukan Pada Lahan Sempit

Bertanam sayuran secara hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas. Dengan lahan sempit pun kita bisa bertanam sayuran atau buah-buahan menggunakan teknik hidroponik

Hasil Panen Lebih Mahal

Kualitas sayuran atau buah hasil panen hidroponik lebih baik dan lebih higienis sehingga harga jual di pasaran lebih mahal ketimbang hasil panen sayuran konvensional. Supermarket besar yang modern biasanya siap menampung hasil panen hidroponik. Apalagi saat ini makin banyak orang yang menyukai mengonsumsi sayuran hidroponik karena lebih sehat dan lebih higienis.

Tidak Tergantung Lahan Tanah

Cara bertanam hidroponik yang menggunakan media tanam ar membuat bertanam tidak lagi membutuhkan media lahan tanah. Sehingga usaha ini tidak membutuhan lahan. Kita bahkan bisa melakukannya di atap rumah.

Memanfaatkan Barang Bekas

Cara membuat hidroponik dapat kita lakukan dengan menggunakan pipa PVC maupun botol bekas yang sudah tak terpakai. Ketimbang membuang barang tersebut lebih baik kita manfaatkan untuk membuat sistem tanaman hidroponik rumahan yang bermanfaat bagi kita dan lingkungan sekitar.

Jenis Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen

Pada dasarnya tak semua tanaman dapat ditanam secara hidroponik. Seseorang mesti memilah-milah tanaman yang cocok dihidroponik dan yang tidak. Salah satu yang menjadi bahan pertimbangan adalah memilih tanaman hidroponik yang cepat tumbuh dan panen.

harga sayuran hidroponik

Berikut ini beberapa jenis tanaman hidroponik yang cocok dan cepat panen sehingga tepat untuk usaha.

  1. Mentimun
  2. Bayam
  3. Tomat
  4. Sawi hijau
  5. Selada
  6. Seledri

Panduan Cara Hidroponik Sederhana Untuk Pemula

Jika anda tidak mempunyai lahan tanah untuk membangun usaha agro bisnis, maka anda tetap bisa bercocok tanam. Karena sekarang sudah ada cara bertanam hidroponik untuk pemula yang mudah. Ini teknik tanaman hidroponik rumahan tanpa menggunakan lahan tanah.

Cara bertanam sayuran dan buah menggunakan teknik hidroponik ini menjadi populer dan banyak petani milenial yang mulai menjalankannya. Jika anda tertarik bisa mengikuti panduan singkat cara hidroponik sederhana untuk pemula ini.

cara membuat hidroponik

Pada dasarnya teknik hidroponik terdapat tiga macam yang meliputi:

  1. Teknik hidroponik menggunakan pipa PVC
  2. Cara hidropnik dengan menggunakan sistem sumbu
  3. Sistem hidroponik dengan memakai botol bekas

Salah satu teknik hidroponik sederhana yang cukup mudah adalah dengan menggunakan botol bekas yang tak terpakai. Misalkan botol bekas Aqua, botol bekas plastik, dan sebagainya.

sistem tanaman hidroponik

Berikut ini tahapan-tahapan cara bertanam hidroponik menggunakan botol bekas yang bisa anda lakukan.

  • Silahkan kumpulkan botol plastik bekas berukuran 1,5 liter.
  • Kemudian mempersiapkan alat pemotong, plastik hitam, dan kain flannel.
  • Lakukan pemotongan botol plastik menggunakan pisau atau cutter pada bagian atas. Ukuran pemotongan sebesar 10 centimeter dari atas botol. Setelah itu, buatlah beberapa lubang pada bagian sisi kiri dan kanan bawah botol.
  • Kain flannel kemudian dimasukkan pada sisi lubang kiri dan kanan. Dilanjutkan tanaman dimasukkan ke dalam lubang botol.
  • Kemudan masukkan air secukupnya atau setengah botol. Air diberikan tambahan larutan nutrisi sebagai vitamin. Dalam hal ini air tidak bocor karena pada bagian bawah sudah tersumbat oleh kain flannel.
  • Pada bagian bawah botol bungkus dengan plastik hitam supaya tak terkena sinar matahari secara langsung. Untuk merekatkan pada botol maka kamu bisa menggunakan bantuan lakban.
  • Langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan secara rutin.

Contohnya dalam satu hari dilakukan pengecekan selama tiga kali. Hal ini bertujuan untuk memastikan tanaman hidroponik dapat tumbuh dengan baik. Pada saat airnya habis maka kamu bisa menambahkan air. Atau pada waktu terdapat lumut maka kamu bisa membersihkannya.

Kiat Sukses Usaha Agrobisnis dengan Teknik Hidroponik

Untuk memulai usaha tanaman hidroponik rumahan tidak memerlukan peralatan dan perlengkapan yang mahal. Namun dengan barang bekas yang biasa kita temui di sekitar rumah seperti botol bekas atau pipa PVC maka kita bisa memulai usaha hidroponik. Hasil panen dari hidroponik lebih melimpah dan kualitas sayuran lebih terjaga dengan baik.

media tanam hidroponik

Anda yang ingin menjalankan usaha bercocok tanam secara hidroponik maka sekarang sudah sangat mudah melakukannya. Peralatan usaha bertanam sayuran hidroponik secara lengkap beserta panduannya sudah dapat kita beli melalui berbagai toko tanaman terdekat.

Baca juga Cara Menanam Cabe Rawit, Kiat Sukses Usaha Budidaya Rumahan

Kalau anda ingin lebih menghemat keuangan maka anda bisa membuat sendiri peralatan sistem hidroponik dengan membeli barang yang dibutuhkan. Seperti pipa PVC atau botol bekas dengan harga murah.

Peralatan perlengkapan hidroponik bagi pemula sudah tersedia dalam paket lengkap. Yang termasuk dari pipa-pipa, sampai nutrisi air, cara pemasangan beserta bibitnya. Tugas anda hanya memasangnya.

Peralatan untuk usaha tanaman hidroponik rumahan juga dapat kita beli secara paket lengkap di toko peralatan hidroponik atau alat pertanian offline maupun marketplace. Semoga informasi cara hidroponik sederhana untuk pemula ini dapat memberikan inspirasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Keranjang Belanja
%d blogger menyukai ini: